Kamis, 26 Juli 2018


KARTU TELKOMSEL HABIS MASA AKTIF BAHKAN LEWAT MASA TENGGANG, HANGUS KAH?


Halo teman-teman!

Kelebihan wajib smartphone yang saat ini banyak ‘dijual’ salah satunya ialah adanya fitur dual SIM. Fitur seperti ini memungkinkan kita menggunakan dua kartu atau SIM ganda dalam satu perangkat. Biasanya satu SIM digunakan untuk paket internet dan yang lainnya khusus untuk keperluan telpon dan SMS. Hal ini tentu membawa banyak kemudahan bagi para pengguna. Tidak seperti jaman dulu yang harus bongkar pasang handphone dahulu  bila ingin menggunakan kartu SIM lain.

Namun, dengan pengkhususan seperti ini, tak jarang kita jadi hanya dominan menggunakan salah satu SIM dan mengabaikan yang lain. Biasanya, yang akan terabaikan adalah SIM yang digunakan untuk telpon dan SMS karena seperti yang kita tau sekarang ini telpon dan SMS sudah bisa digeser oleh maraknya aplikasi-aplikasi yang memungkinkan kita untuk chatting secara real time atau bahkan video call. Ujung-ujungnya, bila tidak mengecek masa aktif kartu secara teratur, kemungkinan besar kita akan kecolongan dan tau-tau masa aktif sudah berakhir dan dalam masa tenggang. Atau yang lebih parahnya lagi, kartu sudah lewat masa tenggang dan terlanjur hangus saat kita memeriksanya.

Bagaimana bila kejadian tersebut terjadi?    
Untuk kesempatan kali ini, aku ingin menjadikan kartu simPATI dari provider Telkomsel sebagai contohnya.

Perhatikan cara-cara dibawah:
Sebelum masa aktifnya habis, sangat penting mengisi ulang kartu kita entah itu dengan pulsa elektrik atau dengan membeli voucher. Ini adalah cara yang biasanya dilakukan masyarakat.

Cara lainnya, kita bisa mempergunakan fitur khusus dari Telkomsel yaitu dengan menambah masa aktif Telkomsel. Perlu diingat teman-teman, cara ini hanya tersedia untuk simPATI, selain itu, kartu Telkomsel teman-teman haruslah masih aktif dan pulsa yang tinggal minimal Rp1000 (untuk pembelian tambahan masa aktif selama satu hari). Tekan kode USSD *999# pada keypad panggil lalu Call. Bila kode dapat diproses, pada menu yang tampil pilih menu 5 (layanan lainnya) lalu selanjutnya tekan menu 6 (Multi SIM Control). Muncullah tampilan menu pilihan antara Transfer Pulsa dengan Masa Aktif. Pilih Masa Aktif.

Kemudian, akan muncul menu tambahan masa aktif kurang lebih harganya seperti dibawah ini:
Rp5.000 untuk tambahan 7 hari
Rp15.000 untuk tambahan 30 hari
Rp30.000 untuk tambahan 90 hari
Rp100.000 untuk tambahan 365 hari

Setelah memilih menu sesuai keinginan dan bila berhasil, teman-teman bisa mengecek apakah masa aktif sudah bertambah dengan *888# (Cek Pulsa).

Lalu, bagaimana bila masa aktif sudah habis?
Untuk kasus kartu SIM yang masa aktifnya sudah habis dan sedang dalam masa tenggang, sangat disarankan untuk segera menuju ke GraPARI (Graha Pari Sraya, sebutan untuk Pusat Layanan Pelanggan Telkomsel) di wilayah masing-masing. Disana, Costumer Service yang sedang bertugas akan melayani keluhan kita. Mereka akan mengecek nomor kita di sistemnya dan bila kartu masih bisa tertolong, mereka langsung akan membantu proses untuk mengembalikan kartu SIM kita.

OH NO! Bagaimana bila bahkan masa tenggang kartunya sudah lewat?
JANGAN DIBIARKAN BEGITU SAJA. Karena, kartu SIM yang sudah lewat masa tenggang otomatis akan hangus dan nomor akan hilang dari sistem mereka dengan kata lain, nomor tidak akan dapat diaktifkan kembali.

Namun, kabar baik bagi teman-teman, saat aku ke salah satu GraPARI di Kota Padang, CS nya bilang: nomor masih bisa diaktifkan kembali asalkan  lama lewat masa tenggang nomor tersebut baru sehari atau dua hari.

Itulah mengapa aku sangat menyarankan bila ada keluhan atau masalah, sebaiknya langsung ke Pusat Layanan sesuai jenis kartu SIM teman-teman. Semakin cepat tanggap teman-teman, maka semakin besar pula kesempatan teman-teman bisa menyelesaikan masalah. Belajar dari pengalamanku yang harus merelakan kartuku hangus karena tidak memperhatikan masa aktif kartu padahal sudah diingatkan dari lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar