KARTU TELKOMSEL HABIS MASA AKTIF BAHKAN LEWAT MASA TENGGANG, HANGUS KAH?
Halo teman-teman!
Kelebihan wajib smartphone
yang saat ini banyak ‘dijual’ salah satunya ialah adanya fitur dual SIM. Fitur seperti ini memungkinkan
kita menggunakan dua kartu atau SIM
ganda dalam satu perangkat. Biasanya satu SIM digunakan untuk paket
internet dan yang lainnya khusus untuk keperluan telpon dan SMS. Hal ini tentu
membawa banyak kemudahan bagi para pengguna. Tidak seperti jaman dulu yang harus
bongkar pasang handphone dahulu bila ingin menggunakan kartu SIM lain.
Namun, dengan pengkhususan seperti ini, tak jarang
kita jadi hanya dominan menggunakan salah satu SIM dan mengabaikan yang lain.
Biasanya, yang akan terabaikan adalah SIM yang digunakan untuk telpon dan SMS
karena seperti yang kita tau sekarang ini telpon dan SMS sudah bisa digeser
oleh maraknya aplikasi-aplikasi yang memungkinkan kita untuk chatting secara real time atau bahkan video
call. Ujung-ujungnya, bila tidak mengecek masa aktif kartu secara teratur,
kemungkinan besar kita akan kecolongan dan tau-tau masa aktif sudah berakhir
dan dalam masa tenggang. Atau yang lebih parahnya lagi, kartu sudah lewat masa
tenggang dan terlanjur hangus saat kita memeriksanya.
Bagaimana bila
kejadian tersebut terjadi?
Untuk kesempatan kali ini, aku ingin menjadikan
kartu simPATI dari provider Telkomsel sebagai contohnya.
Perhatikan cara-cara dibawah:
Sebelum masa aktifnya habis, sangat penting mengisi ulang kartu kita entah itu dengan pulsa elektrik
atau dengan membeli voucher. Ini adalah cara yang biasanya dilakukan
masyarakat.
Cara lainnya, kita bisa mempergunakan fitur khusus
dari Telkomsel yaitu dengan menambah
masa aktif Telkomsel. Perlu diingat teman-teman, cara ini hanya tersedia
untuk simPATI, selain itu, kartu
Telkomsel teman-teman haruslah masih
aktif dan pulsa yang tinggal minimal Rp1000 (untuk pembelian tambahan masa
aktif selama satu hari). Tekan kode USSD *999# pada keypad panggil lalu Call.
Bila kode dapat diproses, pada menu yang tampil pilih menu 5 (layanan lainnya)
lalu selanjutnya tekan menu 6 (Multi SIM Control). Muncullah tampilan menu pilihan
antara Transfer Pulsa dengan Masa Aktif. Pilih Masa Aktif.
Kemudian, akan muncul menu tambahan masa aktif
kurang lebih harganya seperti dibawah ini:
Rp5.000 untuk tambahan 7 hari
Rp15.000 untuk tambahan 30 hari
Rp30.000 untuk tambahan 90 hari
Rp100.000 untuk tambahan 365 hari
Setelah memilih menu sesuai keinginan dan bila
berhasil, teman-teman bisa mengecek apakah masa aktif sudah bertambah dengan
*888# (Cek Pulsa).
Lalu, bagaimana
bila masa aktif sudah habis?
Untuk kasus kartu SIM yang masa aktifnya sudah habis
dan sedang dalam masa tenggang, sangat disarankan untuk segera menuju ke
GraPARI (Graha Pari Sraya, sebutan untuk Pusat Layanan Pelanggan Telkomsel) di
wilayah masing-masing. Disana, Costumer Service yang sedang bertugas akan
melayani keluhan kita. Mereka akan mengecek nomor kita di sistemnya dan bila
kartu masih bisa tertolong, mereka langsung akan membantu proses untuk mengembalikan
kartu SIM kita.
OH NO! Bagaimana
bila bahkan masa tenggang kartunya sudah lewat?
JANGAN DIBIARKAN BEGITU SAJA. Karena, kartu SIM yang
sudah lewat masa tenggang otomatis akan hangus
dan nomor akan hilang dari sistem mereka
dengan kata lain, nomor tidak akan dapat
diaktifkan kembali.
Namun, kabar baik bagi teman-teman, saat aku ke salah satu GraPARI di Kota Padang, CS nya bilang: nomor masih bisa diaktifkan kembali asalkan lama lewat masa tenggang nomor tersebut baru sehari atau dua hari.
Itulah mengapa aku sangat menyarankan bila ada
keluhan atau masalah, sebaiknya langsung ke Pusat Layanan sesuai jenis kartu
SIM teman-teman. Semakin cepat tanggap teman-teman, maka semakin besar pula
kesempatan teman-teman bisa menyelesaikan masalah. Belajar dari pengalamanku
yang harus merelakan kartuku hangus karena tidak memperhatikan masa aktif kartu
padahal sudah diingatkan dari lama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar